Ada pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela ilmu. Maka dari itu semanjak kecil, kita diajarkan untuk rajin membaca buku. Buku merupaka jendela ilmu. Banyak siswa yang membutuhkan buku untuk bahan belajarnya di rumah. Peminat buku juga masih banyak. Meskipun kini banyak beredar e-book di internet. Namun peminat buku secara fisik juga masih banyak.

Cara Bisnis Buka, Biar Banyak Untungnya – Dengan peminat buku yang masih banyak, kamu dapat menjadikan ini sebagai ide bisnis kamu lho. Tentunya dalam membuka bisnis buku harus ada perencanaan yang matang. Nah berikut ini cara membuka bisnis buku, biar banyak untungnya.

baca juga : Bisnis untuk Pelajar, Simak Selengkapnya

1. Target bisnis buku

Buku memiliki banyak jenis. Mulai dari buku fiksi, buku non fiksi, buku pelajaran mulai dari TK/SD/SMP/SMA hingga perguruan tinggi. Naah pada saat kamu memutuskan untuk mulai bisnis buku. Kamu harus menentukam terlebih dahulu jenis buku apa yang akan kamu jual.

Misalnya kamu akan fokus menjual buku pelajaran SD. Maka kamu harus dapat mencari supllier yang tepat untuk mendapatkan buku pelajaran anak SD yang lengkap. Kamu juga dapat memperluas fokus targetmu menjadi menjual buku pelajaran SD, SMP hingga SMA.

baca juga : Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

2. Pilihlah Jenis Buku yang Banyak Dicari

Setelah kamu menentukan target pasar kamu. Berikutnya kamu dapat memilih jenis buku apa yang banyak dicari. Misalnya target kamu adalah anak sekolahan. Nah kamu dapat mencari jenis buku apa yang banyak dicari oleh anak sekolah.

Misalnya buku LKS, buku kamus, buku peta dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menambahkan buku komik atau novel. Biasa anak usia sekolah sangat menggemari buku fiksi. Nah hal tersebut dapat kamu lakukan untuk menambah keuntungan yang akan kamu dapatkan.

baca juga : Membuka Warung Makan Agar Laris Manis

3. Menjual Buku Bekas

Kamu juga dapat lho menjual buku bekas. Umumnya banyak orang yang mencari buku bekas karena harganya yang cukup ramah dikantong. Kamu dapat mencari orang-orang yang memiliki buku yang sudah tidak digunakan lagi.

Umumnya banyak orang yang mencari buku pelajaran sekolah bekas. Banyak orang yang mencari buku pelajaran sekolah bekas. Maka dari itu kamu dapat menyediakan buku pelajaran sekolah bekas bagi mereka yang mencarinya.

baca juga : Membangun Usaha Keluarga yang Menjanjikan, Ikuti 5 Tips Ini

4. Mengikuti Komunitas Pecinta Buku

Pada saat ini sangat banyak sekali komunitas buku atau kolektor buku. Kamu dapat bergabung dengan mereka, untuk mencari tahu kebutuhan buku yang mereka cari. Agar lebih mudah dalam menemukan komunitas buku, kamu dapat menemukannya di internet.

Kamu juga dapat bergabung di komunitas literasi. Komunitas literasi biasanya banyak menyebarkan budaya literasi buku atau membaca buku. Kamu dapat bergabung dengan mereka dan mencari tahu kebutuhan buku yang mereka cari. Kamu juga akan menambah banyak relasi ketika berbagung disuatu komunitas.

baca juga : Kamu Ingin Jualan Online, Gunakan 5 Tips Ini

5. Menjual Secara Offline dan Online

Selanjutnya adalah kamu harus berjualan dengan 2 metode yaitu menjual secara offline dan online. Karena kemajuan teknologi yang begitu pesat. Kamu tidak dapat hanya memanfaatkan jualan secara offline saja tetapi kamu juga harus dapat berjualan secara online.

Dalam berjualan secara online kamu dapat memanfaatkan media sosial dan aplikasi toko online. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi toko online Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasi Kasir dan Toko Online. Kamu dapat menggunakan Aplikasir untuk mendukung kamu berjualan secara online. Jadi tinggal apa lagi, buruan dwonload di playstore sekarang juga ya.

Tagged in:
,