Pada awalnya bisnis petshop sangat jarang bahkan tidak ada. Biasanya bisnis petshop, hanya terdapat di kota besar saja. Namun saat ini bisnis petshop kian menjamur. Bisnis ini menyediakan berbagai macam kebutuhan hewan peliharaan. Hal ini didukung dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki hewan peliharaan.

 

Cara Bisnis Petshop, Simak Selengkapnya – Pada saat ini belum banyak orang yang berani mencoba bisnis ini. Namun jika kamu tertarik pada bisnis ini, tentunya kamu dapat mempersiapkannya dengan matang. Terlebih lagi peluang bisnis ini di masa depan semakin banyak.

Baca juga : Sukses Bisnis Kaktus Mini Bagi Pemula

Jika kamu sebelumnya kamu hobi memelihara hewan peliharaan saja. Naah kini hobi kamu dapat menghasilkan uang. Dengan cara kamu membuka bisnis petshopNah berikut ini kita akan membahas cara bisnis petshop, simak selangkapnya di bawah ini ya.

 

 

1. Pintar Membaca Tantangan Bisnis Petshop

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus dapat membaca tantangan yang ada. Pada awalnya kamu dapat observasi pada lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Misalnya pada umumnya orang yang tinggal di daerah perumahan, banyak yang memelihara hewan peliharaan. Tentunya di lingkungan perumahan juga banyak orang yang membutuhkan makanan hewan peliharaan.

Baca juga : Cara Mengembangkan UMKM, Simak Selengkapnya

Nah ini merupakan peluang yang dapat kamu manfaatkan untuk membuka bisnis petshop. Kamu akan dapat memenuhi kebutuhan mereka. Tentunya membuka usaha petshop pada lingkungan ini adalah suatu keputusan yang tepat.

2. Menyiapkan Modal 

Hal selanjutnya yang perlu kamu pikirkan adalah menyiapkan modal awal. Dalam sebuah bisnis tentunya modal merupakan hal yang sangat penting. Jika kamu belum memiliki modal yang besar, kamu dapat menjalankan usaha kamu dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Baca juga :  Cara Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi

Lebih baik menggunakan modal yang kecil terlebih dahulu daripada kamu menunggu modal yang besar tanpa melakukan apapun. Usahakan untuk modal awal berasal dari uang tabungan pribadi kamu. Jika kamu terpaksa meminjam pinjaman dari bank. Usahakan juga untuk memilih pinjaman dengan bunga yang paling kecil.

3. Membuat Bisnis yang Berbeda Dari yang Lainnya

Ketika kamu sudah memtuskan untuk membuka bisnis petshop. Usahan untuk membuat inovasi yang berbeda dari yang lainnya. Dengan melakukan inovasi yang berbeda tentunya akan banyak konsumen yang lebih tertarik untuk menjadi pelangan tetap di petshop yang sedang kamu kelola.

Baca juga : Ide Bisnis UMKM Bagi Pemula, Simak Selengkapnya

Misalnya kamu dapat menambahkan aksesoris hewan peliharaan, jasa mandi hewan peliharaan, potong kuku hewan peliharaan. Kamu juga dapat menggunakan voucher untuk menarik konsumen. Misalnya dengan 12 kali memandikan hewan akan dapat 1 kali gratis memandikan hewan dan lain sebagainya.

4. Gunakan Promosi dengan Media Sosial

Kamu juga dapat mempromosikan bisnis petshop kamu dengan media sosial. Terlebih lagi pada masa kini banyak orang yang memanfaatkan media sosial. Banyak pula pelaku usaha yang membuat akun khusus untuk bisnis mereka. Kamu juga dapat harus membuat promosi di media sosial. Untuk menambah kepercayaan konsumen kamu juga dapat menambahkan testimoni di akun media sosial bisnis kamu.

Baca juga : Peluang Bisnis Mukena Muslim Penghasil Banyak Cuan

Dalam bisnis petshop tentunya kamu juga memerlukan Aplikasi Toko Online untuk mendukung usaha kamu. Aplikasi toko online yang dapat membantu bisnis kamu adalah Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasi Kasir POS dan Toko Online. Dengan menggunakan Aplikasir kamu dapat memantau bisnis petshop dari kejauhan.

Baca juga : Lakuin 6 Hal Ini, Agar Kamu Mendapatkan Kepuasan Pelanggan

Kamu juga dapat membuat website dalam hitungan detik dan banyak kemudahan lain yang akan kamu dapatkan dari Aplikasir. Tunggu apa lagi buruan dwonload di playstore kamu sekarang juga ya.