Pemerintah saat ini tengah gencar mempromosikan produk UMKM. Istilah UMKM juga muncul akhir-akhir ini. UMKM merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dalam UMKM terdapat banyak pengusaha dari berbagai produk dan jasa. 

Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula – Bagi kamu pengusaha UMKM tentunya kamu pasti pernah bingung untuk memasarkan produk UMKM bukan? Nah bagi kamu pelaku usaha UMKM kamu harus dapat memberikan inovasi baru untuk pemasaran produk UMKM.

Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi digital saat ini, membuat banyak pelaku usaha UMKM harus dapat menyesuaikan. Nah berikut ini kita akan membahas cara memasarkan produk UMKM bagi pemula.

Baca juga : Bisnis Sewa Kipas Angin Air, Banyak Keuntungnya

1. Produk UMKM yang Menarik

Ketika kamu sudah memutuskan untuk fokus dalam dunia produk UMKM. Hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat produk yang menarik. Tidak hanya menarik dari segi bentuk tapi juga rasa dan memiliki keunikan yang beda dari yang lainnya.

Lebih baik lagi jika kamu dapat memberikan rasa penasaran terus menerus kepada pelanggan. Sehingga akan banyak konsumen yang akan makin tertarik dengan produk UMKM yang kamu buat.

baca juga : Tips Membuat Brand yang Mudah diingat Orang

2. Target Pasar Produk UMKM

Hal selanjutnya yang harus kamu pikirkan adalah target pasar. Kamu harus mengetahui kebutuhan dari target pasar kamu. Kamu harus dapat mengetahui apakah produk kamu dibutuhkan laki-laki atau perempuan, usia anak-anak, remaja atau dewasa.

Setelah kamu dapat menentukan hal di atas, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengamati peluang produk UMKM yang akan kamu jual. Kamu juga dapat melakukan riset. Riset yang dapat kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan memperhatikan lingkungan tempat tinggalmu. Lalu kamu dapat menyimpulkan sendiri seberapa besar peluang bisnis UMKM yang akan kamu jalankan ini.

baca juga : Peluang Bisnis Mukena Muslim Penghasil Banyak Cuan

3. Kemasan yang Menarik

Semua orang cenderung menyukai kemasan produk yang menarik. Maka dari itu usahakan kamu membuat kemasan yang menarik. Hal tersebut tentunya untuk menarik perhatian konsumen. Dengan menggunakan kemasan yang menarik juga akan menaikkan harga jual dari produk UMKM kamu.

Meskipun produk UMKM kamu merupakan produk buatan rumahan. Namun kamu dengan kemasan yang menarik, maka produk kamu akan jauh terlebih lebih berkelas. Dengan begitu akan banyak orang pula yang tertarik pada produk UMKM yang kamu jual.

baca juga : Tips Bisnis Gamis, Biar Banyak Untungnya

4. Menonjolkan Kelebihan Produk UMKM

Salah satu strategi pemasaran adalah dengan promosi. Salah satu cara pemasaran promosi adalah dengan selalu mengedepankan kelebihan produk. Dengan kamu selalu menonjolkan kelebihan UMKM, maka konsumen juga akan lebih mempercayai produk kamu.

baca juga : Cara Bisnis Baju Tidur, Di Masa Pandemi

5. Pemasaran secara online

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hidup pada perkembangan teknologi digital. Berbagai kemudahan kita dapatkan dari internet. Hal tersebut membuat pelaku usaha UMKM juga harus dapat mengimbangi perkembangan teknologi digital ini. Kamu dapat menggunakan menggunakan media sosial dengan membuat akun bisnis untuk usaha produk UMKM kamu.

Selain menggunaka menggunakan media sosial. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi toko online. Aplikasi toko online yang dapat membantu penjualan produk UMKM secara online maupun offline yaitu Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasir Kasir POS dan Toko Online. Dengan menggunakan menggunakan Aplikasir akan banyak kemudahan yang kamu dapat. Daripada penasaran buruan dwonload aja di playstore kamu sekarang juga ya.

Tagged in:
,