Pada masa Pandemi ini banyak sektor penompang ekonomi yang mengalami penurunan omset. Begitu juga dengan produk UMKM. UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikoro Kecil Menengah. Pada saat ini UMKM merupakan usaha yang banyak peminatnya.

Cara Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi – Namun dengan adanya pandemi ini tentunya sangat mempengaruhi UMKM. Anda tentunya harus mengasah otak bagaimana cara agar produk UMKM tetap berjalan dengan keadaan pandemi ini.

Dibutuhkan strategi baru untuk dapat menyesuaikan keadaan ini. Tentunya dibutuhkan inovasi dari segi pemasaran, produk dan lain sebagainya. Nah berikut ini cara mempertahankan UMKM di masa pandemi.

baca juga : Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

1. Menggunakan Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM

Hal pertama yang dilakukan pelaku UMKM adalah belajar menggunakan strategi pemasaran digital. Perkembangan teknologi digital saat ini sangat berkembang dengan cepat. Oleh sebab itu Anda harus dapat menyesuaikan kedaaan ini.

Pada awalnya kamu dapat membuka akun di media sosial. Pada saat ini banyak sekali orang yang memiliki akun media sosial. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Kamu juga dapat membuat akun media sosial untuk UMKM. Mulai dari facebook, instagram dan lain sebagainya. Dengan menggunakan instagram, akan lebih banyak orang yang akan lebih mengetahui produk UMKM yang sedang Anda kelola.

baca juga : Ide Bisnis UMKM Bagi Pemula, Simak Selengkapnya

Kamu juga dapat memperluas target pemasaran dengan menggunakan media sosisl. Selain menggunakan media sosial kamu juga dapat memanfaatkan fitur toko online. Aplikasi toko online yang dapat membantu UMKM kamu adalah Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasi Kasir POS dan Toko Online.

Dengan menggunakan Aplikasir kamu juga dapat membuar website toko online kamu sendiri lho. Kamu gak perlu lagi pusing-pusing membayar orang untuk membuat website. Selain itu Aplikasir juga membantu dalam pembayaran setiap konsumen. Dengan menggunakan Aplikasir kamu sudah dapat sudah dapat membuat struk pembayaran kamu sendiri lho. Nah tunggu apalagi buruan yan dwonload Aplikasir di playstore sekarang juga.

baca juga : Peluang Bisnis Mukena Muslim Penghasil Banyak Cuan

2.  Menggunakan Marketplace & E-commerce

Dalam perkembangan teknologi digital saat ini, banyak orang yang memilih belanja secara online. Terbukti dengan makin maraknya jual beli online. Kamu harus dapat memanfaatkan marketplace & e-commerce pada masa pandemi saat ini.

Terlebih lagi untuk kegiatan diluar rumah juga sangat dibatasi. Kamu dapat menggunakan Aplikasir sebagai Aplikasi Toko online untuk membantu kamu berjualan online. Dalam Aplikasir terdapat banyak fitur yang akan memudahkan kamu dalam jualan online.

baca juga : Ingin Foto Produk Jualan Kamu Menarik, Simak Yuk Tipsnya

Kamu juga dapat menggunakan gambar poduk yang menarik untuk dapat menarik perhatian calon konsumenmu. Pastikan juga kamu memberikan informasi yang jelas dalam berjualan online.

baca juga : Cara Bisnis Jam Bagi Pemula Biar Banyak Untung

3. Menggunakan  Layanan Pesan Antar

Pada masa pandemi saat ini  banyak orang yang beraktifitas dalam rumah. Layanan  pesan antar pada masa pandemi ini saat meningkat. Oleh sebab itu kamu juga harus dapat menambahkan layanan ini pada UMKM yang sedang Anda kelola.

Tentunya banyak konsumen yang akan banyak menyukai layanan pesan antar. Sebab kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli sesuatu. Konsumen juga akan merasa senang dengan layanan pesan antar ini.

baca juga : Lakuin 6 Hal Ini, Agar Kamu Mendapatkan Kepuasan Pelanggan

Tagged in:
, ,