Anak-anak pada umumnya lebih suka bermain. Mereka begitu asyik dengan dunia mereka. Masa anak-anak tidak adalah masa bermain yang sangat menyenangkan. Mereka juga suka jajan tanpa menyisihkan uang saku mereka. 

Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini – Banyak anak yang tumbuh tanpa mengetahui pentingnya kebiasaan menabung. Sehingga ketika mereka dewasa, mereka cenderung lebih boros. Tentunya keadan ini tidak di inginkan orang tua.

Dwonload juga : Aplikasir

Terlebih lagi bagi kamu orang tua baru memiliki anak kecil. Sebaiknya kamu mulai melatih buah hati Anda untuk mulai menabung.  Yuuk simak selengkapnya di bawah ini cara mengajari anak mengajari anak menabung sejak dini.

Baca juga : Karakter Orang Sukses Jadi Pengusaha

1. Menjelaskan Manfaat Menabung bagi Anak

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mendekati anak terlebih dahulu, lalu memberikan penjelasan pentingnya menabung. Kamu dapat menjelaskan dengan kata-kata yang mudah di pahami  oleh anak tentang manfaat yang akan dia dapatkan jika rajin menabung.

Dengan menabung maka ia dapat membeli mainan yang dia inginkan. Misalnya ia akan dapat membeli mainan mobil-mobilan yang ia inginkan. Kamu juga dapat menjeleskan kepada anak tidak melulu tentang mainan.

Kamu juga dapat menjelaskan kepada anak dengan ia rajin menabung ia akan dapat mewujudkan cita-citanya. Dengan begitu anak akan lebih termotivasi untuk menabung.

baca juga : Cara Bisnis Parfum Biar Banyak Keuntungannya

2. Menjelaskan Pentingnya Uang bagi Anak

Anak-anak tentunya belum memahami dengan baik manfaat uang bagi mereka. Kamu dapat menjelaskan secara perlahan pentingnya uang bagi mereka.

Kamu dapat menjelaskan kepada anak dapat membeli jajan atau mainan kesukaan mereka. Dengan uang juga anak bisa memberi kepada orang lain. Hal-hal yang kecil harus diajarkan kepada anak, agar anak dapat menggunakan uang dengan bijak.

baca juga : Tips Membuka Coffe Shop Bagi Pemula

3. Memberikan Celengan yang Lucu

Pada umumnya seorang anak kecil suka barang-barang yang lucu. Kamu dapat memberikan celengan dengan bentuk yang lucu agar anak termotivasi untuk belajar menabung. Anak bisa saja belum memahami arti menabung yang sebenarnya.

Namun dengan kamu memancingnya untuk menabung perlahan-lahan anak akan suka menabung. Setelah anak suka menabung pada nantinya anak akan terbiasa menabung. Kebiasaan menabung akan terbawa hingga anak menjadi dewasa.

baca juga : Tips Membuka Usaha Sepatu Online

4. Belajar Menyisihkan Uang Jajan

Langkah selanjutnya untuk semantara waktu ajarkan anak untuk menyisihkan uang jajan yang anda berikan tiap hari atau tiap makan. Anda dapat membujuk anak secara perlahan untuk menyisihkan uang jajan.

Uang saku yang telah disisihkan oleh anak disimpin di celangan yang telah kamu berikan. Perlahan-lahan anak akan terbiasa dan mulai rajin untuk menabung.

baca juga : Tips Jualan Makanan Online Laris Manis

5. Memberikan Contoh

Kamu dapat memberikan contoh menabung kepada anak. Kamu dapat menujukkan buku tabungan kamu kepada anak agar anak termotivasi menabung. Selain itu kamu juga dapat memberikan contoh berhemat berbelanja kebutuhan keluarga.

Dengan begitu anak akan meniru untuk menabung. Meskipun awalnya anak tidak mengetahui arti menabung. Namun sejalan dengan berkembangnya waktu anak akan mengerti arti menabung. Anak juga akan terbiasa menabung hingga dewasa nanti.

Dwonload juga : Aplikasir

Maka dari itu jangan ragu-ragu untuk mengajari anak menabung di usia dini. Kebiasaan menabung akan bermanfaat di masa yang akan mendatang bagi buah hati anda.

Tagged in:
,