Usaha Mikro kecil Menengat atau lebih dikenal dengan singkatan UMKM saat ini makin berkembangkan. UMKM saat ini berkontribusi besar untuk perekonomian Indonesia. Maka dari itu banyak orang yang tertarik dengan produk UMKM. 

Cara Mengembangkan UMKM, Simak Selengkapnya – Kamu tertarik dengan UMKM?. Tapi belum tau bagaimana cara mengembangkan produk UMKM?. Tentunya dalam mengembangkan produk UMKM tidak dapat dilakukan dengan sesuka hati.

baca juga : Cara Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi

Kamu memerlukan cara untuk mengembangkan UMKM bukan. Nah kali ini kita akan membahas cara mengembangkan produk UMKM. Tentunya hal ini dilakukan agar kita dapat mencapai target pemasaran yang baik. Nah berikut ini cara mengembangkan UMKM, simak selengkapnya di bawah ini ya.

 

1. Menentukan Produk UMKM

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan produk UMKM yang kamu jual. Hal pertama yang kamu lakukan adalah dengan melihat potensi bahan baku yang ada di lingkungan sekitar. Setelah itu kamu juga harus menentukan nama produk UMKM.

baca juga : Ide Bisnis UMKM Bagi Pemula, Simak Selengkapnya

Usahakan gunakan nama produk UMKM yang menarik. Kamu juga harus dapat memperhatikan trend yang berkambang dalam masyarakat. Kamu juga dapat memberikan inovasi untuk mengikuti trend yang tengah berkembang. Selain itu kamu juga perlu memikirkan target pemasaran yang tepat sesuai dengan produk kamu.

2. Tempat UMKM yang Strategis

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan setalah menentukan produk UMKM ialah mencari tempat usaha yang strategis. Untuk mengembangkan UMKM kamu memerlukan tempat yang strategis. Hal ini berguna agar banyak konsumen yang dapat menjangkau lokasi UMKM dengan mudah.

baca juga : Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

Kamu dapat melakukan survey terlebih dahulu. Untuk mencari tempat yang strategis kamu dapat datang ke beberapa tempat usaha yang lokasinya dapat diakses banyak orang. Usahakan tempat UMKM kamu dapat di lihat oleh banyak orang.

3. Mengikuti Berbagai Kegiatan Pameran atau Festival

Selanjutnya kamu dapat mengikuti berbagai kegiatan pemeran atau festivasal. Dalam kegiatan pameran atau festival akan ada banyak orang yang berkunjung. Ini adalah kesempatakn UMKM kamu agar lebih dikenal banyak orang. Selain itu pada masa kini banyak juga pameran atau festival khusus untuk memajukan UMKM. Biasanya akan banyak juga vendor-vendor yang akan mengajak kamu bekerja sama.

baca juga : Bisnis Sewa Kipas Angin Air, Banyak Keuntungnya

Kamu juga akan dapat menambah relasi sesama pelaku UMKM. Dengan begitu akan banyak pengalaman yang kamu dapatkan dari mengikuti pemaran atau festival. Pada setiap tahunnya akan banyak pameran atau festival yang dapat kamu ikuti. Misalnya pemeran ulang tahun kota atau daerah tertentu, pemeran makanan tradisional dan lain sebagainya.

4. Manfaatkan Pemasaran Secara Online

Pada saat ini internet sudah melekat di kehidupan masyarakat. Dalam dunia bisnis sudah banyak pengusaha yang berjualan secara online. Baik menggunakan media sosial, marketplace e-commerce dan lain sebagainya. Tentunya sebagai pelaku UMKM juga dapat menggunakan pemasaran secara online maupun offline.

baca juga : Cara Bisnis Jam Bagi Pemula Biar Banyak Untung

Aplikasi yang dapat digunakan baik berjualan online maupun offline adalah Aplikasir. Aplikasir adalah Aplikasi Kasir POS dan Toko online. Dengan menggunakan Aplikasir akan banyak kemudahan yang kamu dapatkan. Mulai dari urusan kasir, penjualan, rekap, pembuatan website toko online dan lain sebagainya. Tunggu apalagi buruan dwonload di playstore kamu sekarang juga ya.

Tagged in:
, ,