Pada saat ini banyak orang yang mulai membuka bisnis UMKM. Tentanya dengan semakin banyaknya produk UMKM diharapkan akan banyak menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Ide Bisnis UMKM Bagi Pemula, Simak Selengkapnya – Bagi kamu yang tertarik terjun pada bisnis UMKM, tentunya harus memperhatikan beberapa hal. Bisnis UMKM juga banyak jenisnya. Mulai dari bisnis fashion, bisnis UMKM Kreatif, bisnis UMKM makanan, bisnis otomotif, bisnis pertanian dan lain sebagainya.

Kini bisnis UMKM juga melakukan berbagai inovasi. Banyak produk UMKM yang dapat bersaing dengan produk luar negri. Dengan adanya UMKM diharapkan dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

dwonload juga : Aplikasir

Sebelum memulai usaha UMKM tentunya kamu harus dapat menentukan produk UMKM yang akan kamu jual. Nah berikut ini ide usaha UMKM bagi pemula, simak selengkapnya di bawah ini.

baca juga : Cara Memasarkan Produk UMKM Bagi Pemula

1. Bisnis UMKM Kreatif

Bisnis UMKM Kreatif yang dimaksudkan disini dapat dengan mengubah bahan yang tidak terpakai menjadi suatu produk yang dapat digunakan dan dijual. Sudah banyak sekali produk UMKM Kreatif yang berasal dari bahan atau limbah yang tidak dipakai. Misalnya kamu memiliki banyak kain perca yang tidak dipakai.

dwonload juga : Aplikasir

Dari kain perca yang tidak dipakai dapat tersebut, dapat kamu jadikan sebagai kerajinan. Misalnya kamu dapat membuat tas, keset, asesoris dan lain sebagainya. Kamu akan dapat membuka lapangan kerja baru.

baca juga : Bisnis Sewa Kipas Angin Air, Banyak Keuntungnya

2. Bisnis Makanan

Setiap orang pasti membutuhkan makanan. Salah satu bisnis UMKM yang banyak diminati adalah bisnis makanan. Kamu dapat memanfaatkan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar tempat tinggal kamu. Kamu juga dapat menambah inovasi pada produk makanan yang kamu jual.

dwonload juga : Aplikasir

Usahakan gunakan nama yang unik pada produk kamu. Hal ini dilakukan agar konsumen dapat mengingat produk kamu dengan mudah. Setelah itu gunakan kemasan yang menarik. Kemasan yang menarik juga akan meningkatkan nilai jual dari produk UMKM makanan yang kamu jual.

baca juga : Tips Bisnis Gamis, Biar Banyak Untungnya

3. Bisnis Fashion 

Bisnis Fashion memang tidak ada habisnya. Banyak orang yang sukses dalam bisnis ini. Pada awalnya kebanyakan orang hanya membuka usaha kecil-kecilan. Dengan kesabaran dan ketelitian, maka lama kelamaan usaha tersebut akan tumbuh besar.

dwonload juga : Aplikasir

Dengan usaha UMKM Fashion ini kamu dapat memanfaatkan ciri khas daerah kamu. Kamu dapat memodifikasi bahan menjadi produk fashion yang bagus. Dalam dunia fashion tentunya kamu juga dapat memperhatikan trend. Perkembangan trend dalam dunia fashion berkembang dengan cepat. Maka dari itu usahakan kamu dapat mengimbangi produk kamu dengan selalu mengikuti trend yang ada.

baca juga : Cara Bisnis Botol Minum Biar Banyak Keuntungannya

4. Bisnis Pendidikan

Bagi kamu yang menyukai pendidikan kamu dapat membuka bisnis seperti bimbingan belajar online atau bimbingan belajar privat. Terlebih lagi pada masa pandemi saat ini banyak orang tua mencarikan anaknya untuk mendapatkan bimbel secara online.

Modal yang kamu keluarkan untuk bimbel ini juga cukup mudah. Terlebih lagi jika kamu dapat membuka jasa bimbel privat di rumah peserta didik. Maka kamu tidak perlu lagi menyiapkan tempat dan dana untuk membeli alat tulis, meja dan papan tulis.