Terapkan 5 Tips Ini, Biar Hidupmu Gak Boros

Terapkan 5 Tips Ini, Biar Hidupmu Gak Boros. Belanja merupakan kegiatan membeli barang di pasar, pusat perbelanjaan maupun melalui online. Kegiatan belanja sangat di sukai banyak kalangan. Siapa sih yang tidak menyukai belanja. Semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua sangat menyukai belanja.

 

Terapkan 5 Tips Ini, Biar Hidupmu Gak Boros – Tidak hanya kaum hawa yang gemar berbelanja, kini kaum adam juga suka berbelanja lho. Kegiatan belanja jika tidak diimbangi dengan aturan ketat justru akan menimbulkan masalah keuangan bagi diri sendiri.

Kebiasaan membeli barang-barang promosi atau diskon tanpa memperhitungkan pengeluaran menjadikan diri sendiri menjadi manusia yang boros. Nah tentunya kamu tidak mau kan menjadi boros dan tidak memiliki tabungan. Nah beriku ini ada 5 tips yang bisa digunakan biar hidupmu gak boros lagi.

Baca Juga : Online Shop Solusi Usaha Anda

1.Catat Pengeluaran

Catat Pengeluaran

Selama kamu menjadi manusia boros, tentunya kamu pasti tidak memperhitungkan pengeluaran selama ini. Mulai sekarang coba kamu catat terlebih dahulu pengeluaran selama ini. Setelah kamu mencatat semua pengeluaran kamu saat ini, kamu dapat mengetahui bahwa kamu selama ini membeli barang-barang yang sebenarnya kamu tidak memerlukannya.

Dari catatan pengeluaran yang telah kamu tulis, kamu dapat memperkecil lingkup belanja kamu saat ini. Kamu juga akan belajar mengalokasikan uangmu untuk kebutuhan yang penting. Mencatat pengeluaran setiap minggu atau bulan akan lebih membantu kamu dalam mengalokasikan uang.

2. Susun Anggaran

Susun Anggaran

Kamu telah berhasil mencatat keuanganmu, nah kini saatnya kamu menyusun anggaran kamu. Kamu dapat mencoba menyusun anggaran mulai satu minggu terlebih dahulu. Pilihlah kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu, misalnya ongkos untuk pergi ke kantor, uang untuk makan siang, uang untuk membayar sewa kos dan lain-lain.

Jika kamu masih ingin belanja, pilihlah barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Pilihlah barang-barang yang menunjang pekerjaanmu dan tidak membeli secara berlebihan.

3. Hindari Godaan

Godaan belanja setiap bulan selalu ada. Banyak e-commerce yang mengadakan promo berbagai produk setiap bulannya. Promo yang dilakukan banyak e-commerce juga memakai model dari aktor atau aktris dengan penggembar yang banyak. Bagi kamu yang tidak ingin boros, kamu harus mengurangi membuka e-commerce agar tidak mudah tergoda dengan promo yang sedang diadakan.

Berhenti semantara atau mengurangi frekuensimu untuk jalan jalan di pusat perbelanjaan. Kamu dapat mengganti kegiatan jalan jalan di pusat perbelanjaan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti berolahraga, memasak dirumah dan membaca buku.

4.Menabung 

Menabung 

Menabung merupakan suatu kegiatan menyimpan uang untuk digunakan di masa depan atau keadaan darurat. Bagi kamu yang tidak ingin boros lagi, kamu wajib banget buat nabung. Menabung tidak harus banyak, namun selalu rutin. Jika kamu sudah memiliki pekerjaan, kamu dapat menyisihkan gaji kamu dalam tabunganmu.

Kamu juga dapat memisahkan rekening untuk tabungan murni dan rekening untuk pengeluaranmu sehari-hari. Dengan memisahkan kedua jenis tabungan di atas, kamu dapat lebih termotivasi untuk menabung. Lakukan kegiatan menabung setiap bulannya, kamu akan merasakan manfaat dari kamu menabung selama ini saat kamu mengalami keadaan darurat atau untuk masa depanmu kelak.

5.  Berhemat secara perlahan

Setelah kamu melakukan pencatatan keuangan, menyusun anggaran, menghindari godaan dan menabung,  kini saatnya kamu untuk melatih mentalmu. Kamu harus melakukan sistem penghematan secara perlahan.

Mencoba menahan diri untuk tidak membeli barang yang tengah diskon. Lakukan kebiasaan ini secara terus menerus maka kamu akan menjadi pribadi yang labih cerdas lagi dalam mengelolah keuangan.

Dwonload juga : Aplikasir

You May Also Like

7 Usaha Penghasil Cuan

Beberapa bidang usaha mengalami masa kesulitan bahkan guling tikar pada masa pandemi covid-19. Membangun usaha tidaklah mudah, kamu harus banyak melalui banyak hal untuk mendapatkan sebuah kesuksesan. 7 Usaha Penghasil…
Tips Sukses Bisnis Bersama Teman

Tips Sukses Bisnis Bersama Teman

Sukses bisnis bersama teman adalah hal yang menyenangkan. Kamu dapat membuat suatu bisnis bersama temanmu. Membangun bisnis dengan teman tentunya menyenangkan karena kamu sudah paham watak satu sama lainnya. Kamu…
Cara Promosi Ice Cream Biar Makin Laris Manis!

Cara Promosi Ice Cream Biar Makin Laris Manis!

Persaingan usaha kini semakin ketat. Persaingan yang sengit tidak dapat di hindari. Pelaku usaha tidak hanya di tuntut untuk membuat produk dengan kualitas yang bagus. Namun pada saat ini pelaku…
5 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Untuk Bisnis Anda

5 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Untuk Bisnis Anda

Dalam mmengembangkan bisnis anda, ada banyak hal yang dapat anda lakukan. Seperti meningkatkan kualitas produk, memperbanyak promosi, melebarkan sayap pasar, berkolaborasi dengan brand-brand lain, dan lain sebagainya. Namun, karena terlalu…