Tips Belanja Biar Dompet Gak Kempes

Tips Belanja Biar Dompet Gak Kempes sangat penting bagi kamu yang suka belanja.  Siapa sih disini yang gak suka belanja? Pasti disini banyak kan yang suka belanja. Nah bagi kamu yang hobi belanja tentunya membuat pengeluaran kamu membengkak. Banyak brand yang menawarkan promo atau bahkan diskon besar-besaran pada setiap bulan atau momen tertentu.

Baca juga : Terapkan 5 Tips Ini, Biar Hidupmu Gak Boros

Nah tentunya kamu pasti akan tergiur untuk membeli barang yang kamu incar. Jika kamu selalu tergiur dengan berbenja setiap bulan tentunya kamu tidak dapat mengerem pengeluaran kamu. Pada saat ini godaan untuk berbelanja tidak hanya datang dari pusat berbelanjaan, namun juga dari banyak e-commerce, cukup dengan membuka ponsel saja kamu dapat tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya barang tersebut tidak kamu perlukan. Nah berikut ini kita akan membahas bagaimana cara agar kamu bisa menghemat pengeluaran belanjamu.

1.Beli Barang Sesuai Kebutuhan

membeli barang

Kamu perlu merenungi diri sendiri apakah  barang yang kamu beli saat ini adalah barang yang kamu perlukan atau hanya keinginan semata. Jika barang yang kamu incar adalah barang yang hanya kamu inginkan dan sebenarnya tidak kamu butuhkan maka kamu perlu memperbaiki pola belanjamu. Kamu dapat memperhatikan barang-barang yang telah kamu beli. Nah kamu dapat merenungi sendiri jika ternyata kamu selama ini membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan tetapi hanya barang keinginanmu sendiri.

2. Menghindari godaan

menghindari godaan

Setiap wanita tidak bisa terlepas dari barang diskon. Apalagi barang tersebut sudah lama kamu incar. Jika kamu tidak ingin dompetmu selalu kosong karena kamu tidak bisa mengatur pola belanjamu. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah kamu wajib menggindari barang diskonan. Coba untuk mengurangi rutinitas kamu jalan-jalan di pusat perbelanjaaan. Kamu dapat mengganti agenda jalan-jalan di pusat perbelanjaaan dengan berolahraga, memasak, membaca buku, menanam bunga dan kegiatan lain yang membuat harimu lebih bermakna. Dengan kamu melakukan kegiatan lain yang positif dan melupakan jalan-jalan di pusat perbelanjaan, sedikit demi sedikit akan melupakan barang-barang yang saat ini tengah promo.

3. Catat Dahulu Sebelum Belanja

mencatat

Kamu tentunya membutuhkan barang untuk menunjang kegiatan kamu sehari-hari. Mengatur belanja tentu saja boleh, tetapi bukan berarti kamu tidak boleh belanja sama sekali. Kamu masih tetap bisa belanja kok dengan cara kamu mencatat dahulu barang sebelum berbelanja. Kamu dapat mencatat barang-barang sesuai dengan kebutuhanmu pada kertas kecil. Nah dengan kamu mencatat terlebih dahulu barang yang akan kamu belanjanya, akan mengontrol kamu dalam berbelanja barang yang tidak penting. Mencatat sebelum belanja juga memudahkan kamu dalam memperkirangan pengeluaran juga lho. Kamu sudah mengetahui barang apa saja yang akan kamu beli dan kamu sudah dapat memperhitungkan berapa budget yang kamu perlukan untuk kamu berbelanja.

4. Terus Mengulangi

merenungi

Jika kamu sudah dapat membeli barang yang kamu butuhkan, kamu sudah dapat menghindari godaan dan mencatat dahulu sebelum belanja kamu harus mengulangi secara terus menerus  3 tips belanja secara terus menerus. Jika kamu sudah dapat melakukan tiga hal tersebut, tetapi tidak dilakukan pada bulan berikutnya kamu akan tetap tidak menjadi mengendalikan pengeluaranmu. Dengan mengulangi tiga hal tersebut secara terus menerus dan berkelanjutan, maka kamu dapat mengendalikan keuangan. Jika kamu sudah dapat mengendalikan keuanganmu, hal yang perlu kamu lakukan adalah menabung. Jika kamu sudah bekerja kamu dapat menabung setidaknya 20% dari pendapatanmu. Menabung memberikan keuntungan bagi kamu untuk masa depanmu atau jika kamu dalam keadaan darurat kamu dapat menggunakan uang tabunganmu.

You May Also Like
Panduan transaksi hutang dengan uang muka Aplikasir

Aplikasi Kasir Gratis Untuk Memaksimalkan Bisnis UKM

Bisnis UMKM adalah bisnis perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. UMKM merupakan kegiatan ekonomi rakyat berskala…
Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon

Tips Menghadapi Konsumen yang Suka Kasbon

Memiliki bisnis seperti warung kelontong tentunya memiliki resiko konsumen kasbon. Terlebih lagi konsumen kamu adalah tetangga atau orang di sekitar kamu. Tentunya kamu tidak enak hati jika tidak memberikan kasbon…
Cara Digital Marketing Bagi Pemula

Cara Digital Marketing Bagi Pemula

Pada masa kini strategi usaha sangat banyak. Banyak hal yang di lakukan oleh pelaku bisnis dalam melakukan promosi. Terlebih lagi kita hidup di era digital.  Cara Digital Marketing Bagi Pemula…