Cara Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula

Cara Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula

Di sekitar rumah kita sudah banyak sekali orang yang membuka bisnis laundry pakaian. Jika kamu ingin membuka bisnis laundry yang berbeda kamu dapat membuka bisnis ini.

Cara Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula

Cara Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula – Bisnis laundry sepatu lebih khusus pada mencuci sepatu. Usaha laundry sepatu masih jarang orang yang mengetahuinya. Jika dilihat dari segi peluang usaha. Bisnis laundry sepatu ini dapat menjadi bisnis yang memiliki peluang besar.

Pasalnya banyak orang yang kini menggunakan sepatu. Mulai dari pekerja kantoran, mahasiswa, sekolah dan lain sebagainya. Kegiatan mencuci sepatu dianggap hal yang menyita waktu. Olah karena itu banyak orang yang membutuhkan jasa laundry sepatu. Dalam membuka bisnis laundry sepatu tentunya harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

baca juga : Cara Bisnis Buku, Biar Banyak Untungnya

1. Menganalisis Kebutuhan Pasar

Menganalisis Kebutuhan Pasar

Sebelum kamu memulai bisnis laundry sepatu, sebaiknya kamu observasi terlebih dahulu mengenai kebutuhan jasa laundry sepatu di masyarakat. Kamu dapat observasi kecil-kecilan perilah kebutuhan jasa laundry sepatu di lingkungan tempat tinggal kamu terlebih dahulu.

Kamu juga dapat mengamati kebutuhan jasa laundry sepatu di sekitar tempat tinggalmu. Coba lihat kebutuhan jasa laundry sepatu kepada orang yang selalu memakai sepatu seperti pekerja kantoran, anak sekolahan, mahasiswa dan lain sebagainya. Ketika jumlah orang yang memerlukan jasa laundry sepatu banyak, maka itu akan menjadi peluang bisnis kamu.

Baca juga : Bisnis untuk Pelajar, Simak Selengkapnya

2. Modal Bisnis Laundry Sepatu

Modal Bisnis Laundry Sepatu

Setiap bisnis pasti memerlukan modal usaha. Modal bisnis laundry sepatu berguna untuk menyewa tempat, membeli peralatan dan perlengkapan untuk sepatu, biaya operasional bisnis laundry  sepatu dan lain sebagainya. Usahakan untuk modal awal bisnis berasal dari uang tabungan pribadimu.

Jika kamu terpaksa meminjam pinjaman uang dari bank. Usahakan untuk meminjam pinjaman dengan bunga yang sangat kecil.

baca juga : Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

3. Tempat yang Strategis

Tempat yang Strategis

Dalam membuka bisnis apapun pastikan kamu membuka tempat usaha yang strategis. Tempat yang strategis berguna agar banyak pelangganmu yang dapat menjangkau bisnis laundry sepatu yang kamu kelola. Kamu juga dapat membuka bisnis ini dilingkungan kosan, sekolah atau perkantoran agar banyak pelanggan kamu dapat dengan mudah menjangkau usahamu.

baca juga : Tips Membuka Butik, Yuuk Simak Selengkapnya

4. Mesin Cuci Sepatu

Mesin Cuci Sepatu

Mesin cuci sepatu dengan mesin cuci pakaian tentunya berbeda. Jika kamu memutuskan memilih bisnis laundry sepatu, maka kamu juga harus membeli mesin cuci sepatu khusus yaitu shoes laundry machine. Tentunya mesin cuci laundry sepatu beda dengan mesin cuci  pakaian.

Mesin cuci laundry sepatu dapat dibeli di toko elektronik dengan harga mulai dari 2 juta rupiah. Dengan kamu membeli mesin cuci khusus laundry sepatu akan lebih membantu kamu dalam bekerja.

baca juga : Cara Ampuh Jualan Pulsa, Yukk Ikuti 6 Tips Ini

5. Peralatan dan Perlengkapan Laundry Sepatu

Peralatan dan Perlengkapan Laundry Sepatu

Perlengkapan yang harus kamu punya dalam menjalankan bisnis ini adalah detergen dan pewangi. Ketika mencuci sepatu ada tiga tahap yang perlu dijalankan yaitu wet clean, dry clean, dan wet & dry. ketika  proses wet clean atau pencucian basah, membutuhkan bahan kimia yaitu anti bacterial ls, surfaktan e ls, cleaner o ls, neutralizer s ls, solvent perfume, dan water (kimia ttama).

Selanjutnya proses dry clean , diperlukan bahan-bahan kimia yang yaitu shoes sceaner (kimia utama), anti bacterial ls, neutralizer s ls, dan solvent perfume. Sedangkan untuk proses wet & dry membutuhkan peralatan berupa sikat kasar, sikat halus, kain microfiber, kuas, penghapus karet, suede, botol semprot dan sponge.

baca juga : Cara Membuka Bisnis Jastip, Yukk Simak Selengkapnya

6. Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan Media Sosial

Pada saat ini semua orang pasti memerlukan media sosial. Nah kamu dapat memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin untuk bisnis  kamu. Kamu dapat membuat akun di berbagai media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelangganmu.

Selain menggunakan media sosial kamu juga dapat menggunakan aplikasi toko online. Aplikasi toko online yang dapat mendukung bisnis kamu adalah Aplikasir. Dalam Aplikasir tersedia fitur yang dapat membuat struk pembayaran sesuka hati kamu. Masih banyak lagi fitur di Aplikasir yang akan memudahkan kamu dalam berbisnis. Tunggu apalagi buruan dwonload di playstore kamu sekarang juga.

You May Also Like
Trend Bisnis yang Memikat Anak Muda di Tahun 2022

Trend Bisnis yang Memikat Anak Muda di Tahun 2022

Pada saat ini tidak hanya fashion yang memiliki perkembangan trend setiap tahun. Namun pada sektor ekonomi juga mengalami trend. Trend Bisnis yang Memikat Anak Muda di Tahun 2022 – Generasi…
Modal Kecil Tapi Untung Berlipat-lipat Ganda

Modal Kecil Tapi Untung Berlipat-lipat Ganda

Modal kecil tapi untung berlipat-lipat ganda emang bisa?. Kamu gak usah galau atau putus asa ya, kamu tetap bisa kok memulai bisnis dengan modal kecil tapi banyak untungnya. Baca juga…
Membuka Warung Makan Agar Laris Manis

Membuka Warung Makan Agar Laris Manis

Membuka warung makan merupakan usaha yang dapat dilakukan ibu rumah tangga. Usaha ini cukup sederhana, namun banyak keuntungan. Terlebih lagi bagi kamu ibu rumah tangga yang ingin menembah penghasilan kamu…
4 Cara Seru Jalani Bisnis UMKM

4 Manfaat Sofware Aplikasi Kasir Bagi Restoran

Besar kecilnya suatu bisnis tidak akan mempengaruhi pentingnya keuangan. Keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis apapun. Banyak pelaku bisnis yang gagal bukan karena produknya tidak laku dipasaran. Melainkan…